Trik Membangun Denah Rumah Sederhana Dengan Budget Minim

Wednesday, April 22nd, 2015 - Denah, Desain, Rumah Minimalis, Tips

Siapa bilang membangun denah rumah Sederhana membutuhkan dana selangit ? Biaya pembangunan rumah memang semakin hari semakin melonjak tinggi. Hal ini mau tak mau mengurungkan minat banyak pihak untuk memiliki rumah idamannya sendiri. Meskipun pemerintah ataupun bank telah menyediakan fasilitas KPR, sayangnya mereka yang berpenghasilan tak tetap sulit mendapatkannya. Jalan satu-satunya tentu dengan membangun rumah pribadi sendiri.

Denah rumah sederhana budget minim

Denah rumah sederhana sebenarnya bisa menjadi pilihan bagi Anda yang berniat memiliki rumah pribadi. Selain memangkas biaya kontrakan per tahun, rumah pribadi tentu lebih terasa hangat ketika berkumpul. Ada trik paling mudah untuk memiliki rumah pribadi, yaitu dengan membeli lahan di daerah pinggiran. Umumnya tanah di daerah pelosok jauh lebih murah ketimbang daerah perkotaan. Anda bisa mendapatkan luas tanah yang pas untuk membangun rumah dengan 2 kamar tidur.

contoh Denah Rumah Minimalis Sederhana

Trik membangun denah rumah

Lahan inilah yang nantinya akan Anda bangun rumah pribadi bersama pasangan. Setidaknya ada 2 tips untuk membangun denah rumah sederhana, yaitu.

1. Sistem kerja tukang

Membayar upah tukang mungkin jadi hal yang paling memberatkan ketika membangun rumah. Selain pembelian material, upah tukang bisa dibilang melejit tinggi akhir-akhir ini. Anda bisa menyiasatinya dengan mencari tukang harian. Untuk rumah dengan 2 kamar tidur, Anda hanya memerlukan 2 tenaga tukang. Biasanya di kompleks perumahan pun hanya 1 orang yang berperan sebagai kenek dan 1 orang sebagai tukang.

Usahakan pula tukang yang Anda pilih untuk membangun denah rumah adalah tukang yang bisa segala hal. Sehingga mereka bisa menghandle pekerjaan orang banyak dengan kemampuannya. Meskipun waktu pengerjaan terhitung lama, rumah idaman tetap bisa Anda nikmati. Jika Anda rasa kinerja mereka tak sesuai, tentunya Anda bisa mencari tenaga pengganti. Tak hanya itu, upah mingguan yang harus Anda bayarkan pun tak begitu memberatkan.

2. Memilih bahan material yang digunakan

Kualitas terbaik tak selamanya harus berharga mahal. Buktinya beberapa bahan material lokal pun bisa Anda manfaatkan untuk membangun denah rumah sederhana. Cobalah untuk mencari material pengganti lokal yang tersedia di kota Anda. Contohnya saja bata merah yang bisa Anda ganti menggunakan batako teras. Daya tahan serta kekokohan material tetaplah sama, namun harga yang dibandrol sangat jauh berbeda.

Di samping itu, Anda pun bisa mengganti biaya beton kolom ataupun sloof. Jika biasanya kebanyakan orang menggunakan besi baru yang begitu mahal, cobalah beralih pada besi bekas. Anda bisa menemukannya di beberapa bengkel las dengan harga yang sangat murah. Mintalah pemilik toko untuk langsung membuatkan rangka beton denah rumah. Dengan begini tugas para tukang pun hanya tinggal memasang kerangka yang telah tersedia.

Perlu diketahui, rangka besi jadi yang tersedia di toko taklah begitu bagus. Meskipun mereka menggunakan besi baru, namun ukurannya begitu kecil. Sedangkan bagian rangka atap bisa menggunakan kayu lokal yang kuat ataupun bambu sebagai kaso atau reng. Begitu pula halnya dengan atap, Anda bisa mengganti seng dengan genting yang lebih murah. Tak hanya itu, bagian kusen ataupun pintu bisa memilih kayu lokal yang tahan bubuk.

Pastikan pula material pada lantai yang Anda gunakan adalah keramik berharga terjangkau. Perhitungan kalkulasi pembangunan denah rumah sederhana Anda akan menghabiskan dana yang pastinya terjangkau. Tak ada lagi alasan bahwa Anda tak mampu membangun rumah sendiri.

Trik Membangun Denah Rumah Sederhana Dengan Budget Minim | Ajeng Rahma | 4.5