Tips Membangun Model Rumah Minimalis Sederhana 1 Lantai dan 2 Lantai

Wednesday, April 22nd, 2015 - Desain, Rumah Minimalis, Tips

Begitu banyak model rumah minimalis 1 lantai maupun 2 lantai yang hadir ke permukaan. Masyarakat pun tak harus lagi membayar jasa seorang arsitek untuk mewujudkan rumah idaman. Hanya dengan melihat referensi melalui majalah ataupun internet, desain yang diinginkan pun bisa didapatkan. Hal ini tentunya tak hanya menghemat biaya, namun bisa pula memunculkan ide kreatif lainnya. Sebut saja beberapa kreativitas yang terlihat pada sebagian besar hasil iseng-iseng.

Model rumah minimalis sederhana 2 Lantai

Model rumah minimalis 2 lantai mungkin lebih cocok bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan dan memiliki anggota keluarga cukup besar. Keterbatasan lahan tentunya menyulitkan mereka membangun banyak ruangan secara horizontal. Mau tak mau beberapa orang pun memilih mendirikan lantai tambahan di bagian atas. Dengan begini mereka bisa membangun ruangan lebih banyak sehingga bisa dihuni oleh anggota keluarga lainnya.

 

Model rumah minimalis sederhana 1 Lantai

Begitu pula sebaliknya, bagi keluarga mungil tentunya model rumah minimalis 1 lantai jauh lebih mengesankan. Mereka bisa berkumpul lebih intens dalam rumah sederhana yang dibangun. Tak harus mengeluarkan suara tinggi jika ingin menyapa atau berbicara satu dengan yang lain. Anak-anak pun bisa terhindar bahaya jatuh dari atas tangga. Dengan begini, Anda pun mungkin lebih mudah membersihkan setiap sudut ruangan tanpa bantuan pembantu.

Model Rumah Minimalis 1 Lantai 1

Ide model rumah minimalis

Sebenarnya rumah minimalis taklah selalu berkesan mewah, namun bisa pula berkesan sederhana. Hal ini terbukti dengan beberapa model rumah minimalis yang hadir di internet. Lalu, apa sajakah yang perlu diperhatikan untuk membangun rumah minimalis sederhana? Berikut beberapa hal tersebut.

·       Perhatikan penataan ruangan

Setiap rumah sederhana biasanya akan memberikan kesan rapi pada setiap sudut. Oleh karena itu, Anda pun harus mengatur ruang tamu, keluarga ataupun kamar tertata rapi. Biasakan setiap anggota keluarga peduli dengan kerapian rumah. Dengan begini, model rumah minimalis 1 lantai pun tak berakhir pada kekacauan.

·       Bentuk atap yang jauh lebih landai

Berbeda dengan model rumah minimalis 2 lantai yang mewah, atap rumah sederhana jauh lebih landai. Bila biasanya Anda melihat rumah minimalis beratap runcing dengan garis tegas, hal ini tidaklah terlihat pada konsep sederhana. Umumnya beberapa orang memilih atap yang lebih landai agar terkesan tak kaku.

·       Penempatan sekat yang pas

Model rumah minimalis 1 lantai sederhana harusnya lebih memperhatikan sekat ruangan. Cara ini akan mempertegas pembagian ruangan, yang mana ruang keluarga ataupun ruang tamu. Dengan begini Anda bisa menyesuaikan fungsi masing-masing ruangan secara bijak.

·       Garis horizontal dan vertikal lebih banyak

Setiap garis yang dibuat tentunya memiliki fungsi serta perannya masing-masing. Begitu pula dengan rumah sederhana, begitu banyak garis horizontal maupun vertikal yang menghiasi. Tak hanya itu, Anda pun bisa menemukan garis yang lebih jelas dan tegas pada setiap sisi.

·       Ukuran jendela yang lebih besar

Bila kita sering melihat rumah zaman dahulu, mungkin ada kemiripan dengan model rumah minimalis sederhana. Ukuran jendela yang dipilih akan lebih besar untuk membiarkan udara segar masuk lebih leluasa.

 

Tips Membangun Model Rumah Minimalis Sederhana 1 Lantai dan 2 Lantai | Ajeng Rahma | 4.5